Minggu, 15 November 2015

Cara Mengatasi Masalah Gambar dan Deskripsi Blog Yang tidak Tampil Saat Blog di Share ke Facebook

Saat kita akan share sebuah link blog kita ke facebook tentunya yang diharapkan adalah perhatian dari teman-teman kita terhadap link tersebu... thumbnail 1 summary
Saat kita akan share sebuah link blog kita ke facebook tentunya yang diharapkan adalah perhatian dari teman-teman kita terhadap link tersebut. Harapan kita mereka akan mengklik link tersebut dan mengunjungi blog kita.

Namun pada beberapa kasus, link blog yang di share tidak menampilkan gambar atau juga tidak menampilkan ringkasan deskripsi. Sehingga link yang kita share terlihat tidak menarik.

Masalah tersebut sering sekali terjadi pada blog yang berplatform blogspot, namun ada kok trik untuk memecahkan masalah tersebut.



Cara agar gambar blog tampil pada saat di share ke facebook

Jika anda adalah pengguna blogspot, maka anda dapat menambahkan meta opengraph diatas kode </head>. Silahkan copy kode dibawah ini dan letakan dibawah kode </head>.

<b:if cond='data:blog.postImageThumbnailUrl'>
<meta expr:content='data:blog.postImageThumbnailUrl' property='og:image'/>
</b:if>

Jika hal itu sudah dilakukan, silahkan test, untuk share artikel anda ke facebook, apakah sudah tampil gambarnya? Ingat agar gambar tampil, pada setiap postingan anda, selalu letakan gambar yah.

Sementara itu jika yang terjadi adalah deskripsi blog anda yang tidak tampil, yang harus anda lakuakn adalah beberapa hal berikut ini :

1. Login ke Blogger Dasbor > Rancangan > Edit HTML
2. Centang Expand Template Widget
3. Cari kode <data:post.body/>
4. Simpan kode ini diatas <data:post.body/>

<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
<b:if cond='data:post.snippet'>
<meta expr:content='data:post.snippet' name='description'/>
</b:if>
</b:if>

5. Save Template
6. Tambakan kode <p> ....</p>  pada setiap code  <data:post.body/>

Contohnya <p><data:post.body/></p>

7. Jika sudah, save, silahkan share blog anda ke facebook
8. Semoga artikel ini bermanfaat.


1 komentar

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus